Tips Menabung Kalangan Anak Muda
Save Money

Tips Menabung Kalangan Anak Muda yang Wajib Kamu Ketahui!

Tips menabung untuk pelajar tersebar luas untuk pelajar dari tingkat taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas ( SMA ). Banyak orang tua mengajarkan metode menabung yang unik sehingga anak-anak dapat membeli apa yang mereka suka dengan uang mereka sendiri dan  belajar menabung.. Berikut beberapa tips hemat untuk pelajar di masa pandemi ini:

  1. Catat semua pengeluaran

Cara menyimpan poin pertama yang benar adalah dengan mencatat semua biaya.  Hal ini diperlukan supaya kita bisa memantau kemana semua uang itu dibelanjakan. Ggunakan aplikasi untuk mencatat pengeluaran di Play Store atau App Store untuk mempermudah menyimpan catatan keuangan. Setelah Anda memiliki data, tentukan nilai nominal yang perlu Anda gunakan untuk setiap kebutuhan. Semua ini untuk mempermudah pengeluaran setiap kategori dalam kebutuhan.

  1. Simpan kebiasaan biasa

Lakukan kebiasaan yang tidak boleh Anda lewatkan. Anda dapat membuat dan menyimpan pengingat di ponsel cerdas Anda pada hari-hari tertentu untuk menyimpannya secara teratur. Atau, Anda dapat menyimpan uang secara otomatis dari akun Anda.  Hampir semua bank menawarkan program transfer uang otomatis ke rekening tabungan Anda. Anda dapat menggunakannya untuk membagi uang di akun Anda untuk keperluan sehari-hari dengan jumlah uang yang perlu Anda simpan.

  1. Tentukan tujuan penyimpanan

Tips menabung untuk pelajar sebelum menabung , Anda perlu menentukan dulu tujuan menabung Anda, seperti untuk membayar sekolah, membeli ponsel , membeli sepatu, dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda akan semakin bersemangat untuk menabung secara rutin, meski sedikit demi sedikit. Anda tidak ingin menghabiskan tabungan Anda untuk hal lain.

  1. Cobalah untuk menghemat sedikit uang saku untuk ditabung

Sejak usia dini, Anda harus mengajari anak-anak Anda untuk hidup hemat dan menabung sebagian dari uang saku mereka. Memang nominal uang jajannya kecil, tapi kalau ditabung secara rutin, lama kelamaan hasilnya akan meningkat.

  1. Ajari anak Anda untuk menghemat uang receh

Rp . 500 , Rp . 1.000 , Rp . 2.000 , Rp . Jangan remehkan uang jajan yang nominalnya sedikit berubah, seperti 5.000 . Jika Anda pandai menabung, Anda tidak perlu sering makan atau menghemat uang jajan, bahkan dengan Rp1.000 atau Rp2.000 per hari . Jika Anda bisa menabung secara rutin dan harian, dalam beberapa bulan ke depan Anda bisa yakin bahwa tabungan Anda akan meningkat secara signifikan.

  1. Berikan celengan yang unik dan menarik

Untuk memotivasi Anda menyelamatkan anak Anda, Anda harus membeli atau memberinya kebebasan untuk memilih jenis celengan lucu yang disukainya. Anda juga bisa mengajari anak Anda untuk berkreasi dalam membuat kerajinan celengan. Dengan begitu, dia pasti akan semakin semangat menabung secara rutin.

  1. Cobalah menitipkan tabungan anak Anda pada orang lain

Mulai dari remaja hingga dewasa , tidak hanya anak kecil saja, hal-hal dan barang favorit juga sering membuat Anda ingin menghabiskan tabungan Anda. Untuk ini, Anda bisa meminta bantuan orang lain seperti orang tua, saudara, nenek, kakek, atau orang lain yang ingin menabung tabungan Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih mengontrol keinginan untuk membeli sesuatu yang kurang penting.

  1. Pikirkan sebelum menghabiskan uang

Tips menabung untuk pelajar selanjutnya adalah sebagai pelajar sebaiknya anda memikirkan kembali sebelum membelanjakan uang tabungan anda. Anda harus bisa memikirkan mana yang menjadi kebutuhan utama dan mana yang kurang penting. Dengan begitu, tabungan Anda akan benar-benar digunakan sesuai kebutuhan dan dana darurat Anda.

BACA JUGA  7 Tips untuk Memulai Bisnis Anda

Ikuti beberapa tips menabung untuk pelajar. Sekarang, terus dorong anak-anak Anda untuk bersemangat menabung, meski dilakukan dengan menyisihkan uang jajan sendiri. Karena saya sudah diajarkan menabung sejak kecil. Dan tidak diragukan lagi, ketika mereka tumbuh menjadi anak-anak yang besar, mereka terbiasa menabung dan rajin untuk membiayai kebutuhan masa depan mereka.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *