Investasi yang wajib kamu ketahui

10 Jenis Investasi yang Wajib Anda Ketahui Hingga Baby Boomer!!

Menyimpan uang hanya di tabungan tidak akan membuat Anda makmur di masa depan. Sebaliknya, metode tabungan konservatif terus mendevaluasi uang karena terkikis oleh kenaikan harga komoditas dan inflasi.

Jadi bagaimana Anda menghindari kehilangan atau justru meningkatkan nilai aset Anda? Lihatlah jenis-jenis investasi yang menguntungkan.

investasi jangka tentunya menjadi lebih dan lebih populer hari ini. Milenium semakin berinvestasi dalam berbagai jenis investasi jika mereka inginkan. Anda mungkin salah satu dari mereka. Namun, berbagai model investasi telah lama dilaksanakan oleh generasi sebelumnya, terutama baby boomer.

Pada dasarnya, tidak ada perbedaan besar antara investasi baby boomer dan millennial. Milenial sering melakukan jenis investasi yang sering dipilih baby boomer. Perbedaan mencolok antara dua generasi pilihan investasi ini adalah generasi baby boomer cenderung berhati-hati dan memilih jenis investasi berisiko rendah. Milenium, di sisi lain, lebih agresif dan bertaruh pada produk investasi berisiko.

Di bawah ini adalah 10 jenis investasi yang populer di kalangan kedua generasi .

  1. Properti

Jenis investasi ini merupakan salah satu favorit generasi baby boomer . Nilai aset cenderung terus naik dan sulit untuk turun, sehingga jenis investasi ini dianggap sebagai cara paling aman untuk mengamankan nilai suatu aset dan menghasilkan keuntungan di masa depan.

Bila Anda menempatkan dalam jumlah tertentu untuk membeli rumah, tanah, atau apartemen. Kemungkinan kenaikan harga real estate dapat mencapai 10 ke 15 persen di sebuah tahun . Ini berarti bahwa jika Anda berinvestasi uang di real estate dan biarkan saja selama 10 tahun, Anda memiliki kesempatan untuk membuat keuntungan 100-150 persen . Itu sangat besar. Saat ini, harga real estat sangat tinggi sehingga kaum milenial tidak menghabiskan banyak uang untuk real estat.

  1. Emas

Harga emas yang sangat tinggi sepanjang tahun 2020 membuat kaum milenial menengok kembali jenis investasi ini. Emas dinilai menjanjikan untuk dijadikan sebagai investasi jangka menengah hingga panjang.

BACA JUGA  7 Tips untuk Memulai Bisnis Anda

Selain itu, emas sangat likuid karena dapat dimonetisasi kapan saja. Inilah sebabnya mengapa banyak orang memilih untuk berinvestasi emas sekaligus menjadikannya sebagai dana darurat.

Tapi baby boomer adalah orang-orang yang suka menginvestasikan uang dalam emas. Anda dapat menghemat uang untuk emas karena harga emas tidak turun terlalu dalam dan Anda dapat mempertahankan nilai emas.

Baby boomer umumnya berinvestasi emas dalam bentuk permata. Baru-baru ini, kaum milenial merasa lebih menguntungkan untuk berinvestasi dalam emas dalam bentuk logam mulia dan batangan.

  1. Deposito

Deposito merupakan jenis investasi yang banyak diminati oleh generasi baby boomer karena keamanannya yang terjamin. Pengelolaan uang bank cenderung dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan, dan banyak baby boomer yang memilih produk investasi ini.

Namun, pengembalian investasi dalam deposito tidak besar. Keuntungan dari investasi deposito sangat bergantung pada penetapan suku bunga Bank Indonesia. Saat ini, bunga deposito hanya sekitar 3 persen per tahun. Itu sebabnya hanya sedikit kaum milenial yang memilih jenis investasi ini.

  1. Asuransi

Asuransi bukanlah alat investasi murni. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa banyak baby boomer mengasuransikan uang mereka dengan harapan akan meningkat nilainya di masa depan. Asuransi dianggap sebagai investasi karena dapat menjamin perlindungan terkait risiko. Dalam hal ini, sebagian besar jenis asuransi yang dipilih adalah asuransi jiwa.

Milenium lebih menyadari hal ini dan tidak menganggap asuransi menjadi investasi. Alokasi dana untuk asuransi untuk investasi hanya untuk produk unit link yang menggabungkan asuransi jiwa dengan penempatan ekuitas dan kepercayaan perusahaan investasi yang dipilih asuransi premi.

  1. Tabungan berjangka

Tabungan berjangka adalah produk perbankan yang dianggap sebagai investasi berisiko sangat rendah. Seperti tabungan biasa, ketika memilih produk ini, Anda perlu menyetor sejumlah uang ke rekening tertentu. Ini umumnya berarti bahwa Anda “dipaksa” untuk melanjutkan penyimpanan untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan.

BACA JUGA  Apakah Menabung Emas Menguntungkan?

Bunga tabungan berjangka sendiri lebih tinggi dari pada tabungan biasa, tetapi masih lebih rendah daripada deposito. Oleh karena itu, tidak sedikit kaum milenial yang tertarik dengan jenis investasi ini.

  1. Obligasi

Obligasi adalah jenis investasi yang populer di kalangan baby boomer dan milenial. Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh suatu perusahaan atau negara untuk tujuan tertentu. Pembeli obligasi tertarik pada nilai pembelian mereka selama periode waktu tertentu.

Generasi baby boomer menganggap jenis investasi ini aman karena tidak ada kerugian nilai. Milenium, di sisi lain, percaya bahwa obligasi memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi dan profitabilitas yang lebih tinggi daripada deposito. Bunga obligasi itu sendiri bervariasi menurut perusahaan dan negara.

  1. Reksa dana

Reksa dana adalah jenis investasi lain yang diperhatikan baik oleh baby boomer maupun milenial. Trust investasi adalah investasi di mana dana diinvestasikan dalam beberapa produk ekuitas untuk mengurangi risiko yang dihasilkan.

Karena risiko yang relatif rendah dan hasil yang cukup tinggi ini, baby boomer cenderung berani berinvestasi pada produk kepercayaan investasi. Milenial, terutama mereka yang baru mengenal investor pemula, semakin memperhatikan jenis investasi ini karena mereka sekarang memiliki akses mudah ke penjualan dari pasar online.

  1. Ekuitas

Investasi ekuitas adalah tindakan menginvestasikan sejumlah uang untuk membeli persentase tertentu dari kepemilikan perusahaan. Ada dua keuntungan memilih investasi ini . Artinya, selisih antara harga jual dan harga beli, serta deviden atau bagi hasil ketika perusahaan pemilik memperoleh keuntungan.

Dibandingkan dengan jenis investasi lainnya, saham adalah salah satu yang menawarkan pengembalian tertinggi. Namun, harga saham bersifat fluktuatif, sehingga risiko jenis investasi ini juga paling tinggi. Karena risikonya yang tinggi, baby boomer cenderung memilih investasi ini dengan hati-hati.

  1. Pinjaman peer-to-peer

Peer-to-peer lending merupakan jenis investasi yang relatif masih muda dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Namun, kaum milenial terbukti sangat menyukai model investasi yang ditawarkan wahana investasi ini. Ini karena bunga yang dibayarkan kepada investor dan pemberi pinjaman bisa mencapai 20 % atau lebih dalam setahun .

BACA JUGA  Apakah Menabung Emas Menguntungkan?

Konsep peer-to-peer lending adalah meminjam uang dari investor yang mengajukannya. Untuk itu, risiko investasi ini sangat tinggi sehubungan dengan gagalnya pengembalian dana. Jenis investasi ini sangat menyenangkan bagi kaum milenial yang memiliki gaya investasi agresif.

  1. Cryptocurrency

Apakah Anda familiar dengan istilah Bitcoin? Bitcoin hanyalah salah satu jenis cryptocurrency yang nilainya menjadi sangat tinggi dalam beberapa tahun terakhir. Jenis cryptocurrency lainnya mengalami hal yang sama.

Karena kenaikan tajam ini dalam nilai, cryptocurrencies dianggap sebagai investasi jangka panjang yang menguntungkan. Namun, harga cryptocurrency sebenarnya sangat fluktuatif. Juga, jenis investasi ini sangat berisiko karena tidak ada lembaga publik yang mengatur transaksi cryptocurrency di seluruh dunia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *